KULON POM SPEED

Blog tentang korek mesin motor harian

Home » Tekhnik » Pengaruh Modifikasi Noken As terhadap Performa mesin

Pengaruh Modifikasi Noken As terhadap Performa mesin

Unknown
12 Comments
Saturday, January 4, 2014
        Memodifikasi noken as atau yang lebih akrab dikenal dengan istilah "papas noken as" bertujuan untuk meningkatkan efisiensi volumetrik dan merubah karakter sebuah mesin, agar mesin menghasilkan tenaga yang lebih besar dan sesuai kebutuhan.Pada umumnya mengorek noken as dari standar bertujuan untuk menambah atau memperlebar durasi noken as dengan maksud agar bukaan klep menjadi lebih lama, sehingga pasokan campuran udara dan bahan bakar yang mengalir ke dalam silinder menjadi lebih banyak dan proses pembuangan sisa gas hasil pembakaran menjadi lebih optimal. Namun kapan klep mulai membuka dan kapan klep mulai menutup lah yang seharusnya diperhatikan, jangan sampai klep terlalu awal membuka atau terlambat untuk menutup, karena karakter mesin seperti torsi dan rentang tenaga sangat dipengaruhi oleh timing buka-tutup noken as. Bahkan konsumsi bahan bakar pun sangat dipengaruhi oleh hal ini.
Durasi semakin besar maka puncak tenaga akan bergeser ke putaran yang semakin tinggi atau tenaga semakin besar diputaran atas, sebaliknya bila durasi semakin kecil maka puncak tenaga akan bergeser ke putaran yang lebih rendah atau mesin cenderung menghasilkan tenaga di putaran bawah dan menengah.
Cara mengukur dan menghitung durasi noken as bisa dilihat di sini

Overlap Klep
       Overlap klep adalah momen dimana kedua klep (klep intake dan klep exhaust) sedikit terbuka secara bersamaan, ketika klep exhaust mulai akan menutup dan klep intake sudah mulai membuka, pada saat ini terjadi proses pembilasan di dalam ruang bakar untuk membersihkan sisa-sisa gas hasil pembakaran sekaligus mendinginkan suhu di dalam ruang bakar, agar siklus selanjutnya menghasilkan pembakaran yang baik. Selain itu Overlap juga bisa digunakan untuk membantu proses penghisapan gas segar dengan memanfaatkan kevakuman di dalam porting exhaust (scavenging). Selama klep buang masih terbuka sementara langkah hisap sudah dimulai dan klep intake pun sudah membuka, maka tekanan rendah di dalam porting exhaust akan membantu menarik gas segar dari intake masuk ke dalam silinder.
       Overlap tinggi membuat proses pembilasan dan Scavenging di RPM tinggi semakin baik, tenaga lebih ganas di RPM atas namun diputaran bawah menjadi kurang efisien, karena klep intake membuka lebih awal, sehingga gas dari dalam ruang bakar bisa saja terdorong keluar melalui lubang porting intake dan menghalangi masuknya gas segar ke dalam ruang bakar karena piston masih bergerak naik untuk menuntaskan proses pembuangan, atau gas segar bisa terdorong bablas ke knalpot bila klep exhaust terlalu lama membuka, sementara piston sudah memulai langkah hisap, maka sudah pasti banyak gas segar yang terbuang percuma dan menjadi gas beracun yang tidak baik untuk lingkungan, mengakibatkan motor loyo di RPM rendah dan lebih boros konsumsi bahan bakar.
       Overlap rendah membuat tenaga lebih terasa di RPM rendah dan menengah, lebih irit bahan bakar, karena tidak banyak gas segar yang terbuang saat overlaping, namun proses pembilasan dan Scavenging kurang efektif di RPM tinggi, jadi tenaga tidak terlalu terasa di putaran atas. Kalau untuk motor korek harian yang setiap hari kena macet dan harus stop n go, saya lebih suka pake overlap rendah, lebih cepat mencapai puncak tenaga dan lebih irit BBM, yang penting tenaga sudah bisa rata mulai dari RPM rendah sampai RPM tinggi tapi Overlap juga jangan kelewat rendah karena suhu mesin bisa terlampau tinggi (overheat).

Lifter Lobe

       Merubah profil Lobe (gunungan) noken as menjadi lebih tinggi sama halnya membuat bukaan klep menjadi lebih tinggi sehingga flow (aliran udara) menjadi lebih banyak, namun bila kita menggunakan lift tinggi, kita harus mempertimbangkan kekuatan per klep,,, lift tinggi akan membutuhkan per klep yang lebih kuat untuk menjaga agar tidak terjadi floating. Tinggi bukaan klep yang ideal adalah 25%-30% dari diameter klep.
Misal, diameter klep sonic 28mm maka tinggi bukaan klep yang ideal adalah 30% X 28 = 8,4 mm,
lift setinggi ini sudah tentu membutukan per klep yang kuat. Untuk motor korek harian lebih baik pakai 25%nya saja, supaya lifter tidak terlampau tinggi.
      Profil lobe gemuk pada angkatan tinggi, klep akan terbuka lebih lama, juga bertujuan untuk memaksimalkan flow (aliran gas bakar), sehingga tenaga yang dihasilkan dari proses pembakaran akan menjadi lebih besar, namun konsekuensinya pada bahan bakar yang lebih boros.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Maju terus Otomotif Indonesia.
Tweet


12 Responses to "Pengaruh Modifikasi Noken As terhadap Performa mesin"

  1. UnknownNovember 9, 2019 at 5:09 AM

    Permisi gan mau tanya nih jarak overlap yang ideal brapa ya gan ..
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. UnknownFebruary 1, 2020 at 7:57 AM

      Idealnya 2.9-3.4

      Delete
      Replies
        Reply
    2. Reply
  2. UnknownJanuary 18, 2020 at 1:01 PM

    Anu

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  3. setiokumoroFebruary 19, 2020 at 9:58 PM

    Terimakasih ilmunya min

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  4. UnknownMarch 6, 2020 at 8:54 PM

    Numpang tanya. Suhu...
    Kalo buka/tutup klep ini/ex.. yang pas untuk melibas jalur Pantura... Di angka berapa derajat

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  5. UnknownMarch 14, 2020 at 2:30 PM

    Mau tanya min utk motor drag.. efek karakter yg dihasilkan dari overlap lebih tinggi klep in atau sebaliknya apa?? Dan brp max selisih toleransi tinggi antar klep ini dan ex? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  6. UnknownMarch 21, 2020 at 10:48 AM

    Bos mau tanya buat noken as grand di papas berapa mm buat road race berapa ?

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  7. AnonymousApril 30, 2020 at 2:10 AM

    Gan,kalau mio di papras pantat noken as nya 1mm ngaruh ga?
    Efeknya apa?

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  8. JONI SUTANTOJuly 3, 2020 at 4:34 AM

    Mau tanya dong gan , ane punya noken as racing ane mau pasang ke Vario 150 tanpa gan klep dan per klepnya bisa gak ? Tolong pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  9. JONI SUTANTOJuly 3, 2020 at 4:34 AM

    Mau tanya dong gan , ane punya noken as racing ane mau pasang ke Vario 150 tanpa gan klep dan per klepnya bisa gak ? Tolong pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  10. UnknownOctober 14, 2020 at 6:04 PM

    Mau tanya mesin vega utk trail adventure .. seher kaze os 150 ...
    Ideal uk papas noken as nya brpa ya untuk agr pas ?

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  11. adminJanuary 1, 2023 at 6:42 PM

    Selengkapnya membahas tentang Noken As sepeda motor. Bisa kunjungi JAGO BENGKEL , bisa sambil belajar mengenal oprek mesin sepeda motor dan mobil.

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

← Newer Post Older Post → Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)