Pengukuran durasi noken as dimulai saat klep mulai terangkat dan saat klep mulai menutup.
Ada tiga cara dalam mengukur durasi noken as;
1 Tehnik STS durasi dihitung saat klep mulai terangkat 0,02 mm sampai 0.02mm sebelum menutup.
2 Tehnik Inggris durasi dihitung saat klep mulai terangkat 1,25mm sampai 1,25mm sebelum menutup.
3 Tehnik Jepang durasi dihitung saat klep mulai terangkat 1mm sampai 1mm sebelum menutup.
Kita bisa memakai salah satu dari ketiga tehnik diatas, asalkan kita mencantumkan tehnik mana yang kita gunakan. Kebanyakan mekanik-mekanik di tanah air sering menggunakan teknik jepang, yaitu durasi diukur mulai klep membuka pada angkatan 1mm.
Rumus untuk menghitungnya adalah,
Durasi Intake (klep isap) = Buka Intake + 180 + Tutup Intake
Durasi Exhaust (klep buang) = Buka Exhaust + 180 + Tutup Exhaust
Total Durasi = Durasi Intake + Durasi Exhaust / 2
Angka 180 adalah sudut yang dihasilkan dari putaran as kruk dalam sekali siklus hisap maupun buang (180 derajat).
Sekarang saya akan memberi contoh cara menghitung durasi dengan menggunakan rumus tersebut;
Bila diketahui, klep Intake (isap) membuka 23 derajat sebelum TMA dan menutup 47 derajat setelah TMB dan klep Exhaust (buang) membuka 47 derajat sebelum TMB dan menutup 23 derajat setelah TMA maka:
Durasi klep Intake = 23 + 180 + 47 = 250
Durasi klep Exhaust = 47 + 180 + 23 = 250
Total durasi = Durasi klep Intake + Durasi klep Exhaust dibagi 2
Total Durasi = 250 + 250 / 2
Total Durasi = 250 Derajat
Lobe Center (pusat bubungan)
Lobe Center Intake = Durasi klep Intake / 2 - Buka Intake
Lobe Center Exhaust = Durasi klep Exhaust / 2 - Tutup Exhaust
Lobe Center = Lobe Center Intake = 250 / 2 - 23 =102
Lobe Center Exhaust = 250 / 2 - 23 = 102
LSA = Lobe Center Intake + Lobe Center Exhaust / 2
= 102 + 102 / 2
LSA = 102 Derajat
Overlapping = Buka Intake + Tutup Exhaust
= 23 + 23 = 46
Overlapping = 46 Derajat
Demikianlah cara mengukur dan menghitung durasi noken as, semoga informasi ini bermanfaat.
Maju terus Otomotif Indonesia.
Baca juga,
Pengaruh Modifikasi Noken As terhadap Performa mesin
Noken As yang Efisien untuk Motor Korek Harian