KULON POM SPEED

Blog tentang korek mesin motor harian

Home » Tekhnik » Hubungan antara Rasio Kompresi, Nilai Oktan Bahan bakar dan Timing pengapian

Hubungan antara Rasio Kompresi, Nilai Oktan Bahan bakar dan Timing pengapian

Unknown
Monday, November 3, 2014
        Rasio Kompresi adalah perbandingan volume silinder+volume ruang bakar dengan volume ruang bakar.

Bila dirumuskan secara matematika maka ;

Persamaan inilah yang dipakai sebagai rumus menghitung Rasio Kompresi












        Rasio kompresi sangat berpengaruh terhadap efisiensi sebuah mesin. Semakin tinggi angka rasio kompresi maka semakin tinggi efisiensi mesin dalam mengkorversikan sumber energi dari bahan bakar menjadi energi mekanis. Semakin tinggi angka rasio kompresi membutuhkan jenis bahan bakar yang mempunyai nilai oktan lebih tinggi, karena bahan bakar yang ber-oktan rendah terlalu mudah terbakar, sehingga kemampuan untuk menahan knocking dan detonasi menjadi rendah.
Seiring meningkatnya angka oktan yang digunakan, timing pengapian juga harus disesuaikan, karena bahan bakar ber-oktan tinggi lebih sulit terbakar, penggunaan bahan bakar ber-oktan tinggi membutuhkan timing pengapian yang lebih awal, agar lebih banyak campuran gas aktif yang terbakar. Namun bila timing pengapian kelewat maju, bisa menimbulkan resiko preignition atau pengapian dini, pembakaran akan terjadi terlalu awal sebelum piston mencapai TMA.

Semoga informasi sederhana ini bisa bermanfaat,

Maju terus Otomotif Indonesia.

Tweet


0 Response to "Hubungan antara Rasio Kompresi, Nilai Oktan Bahan bakar dan Timing pengapian"

← Newer Post Older Post → Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)