Buat anda yang ingin upgrade performa Honda Blade/Absolute Revo untuk harian, berikut ini akan saya bagikan resep sederhana agar motor anda lebih asyik diajak berakselerasi dan bertop speed ria di seluruh jalanan yang ada di muka bumi ini. Silahkan disimak langkah-langkahnya.
Langkah awal yang akan kita lakukan adalah memperbesar kapasitas silinder dengan cara bore up menggunakan piston Jupiter Z over size 100 (52mm), yang membuat kapasitas silinder naik menjadi 118 cc. Berhubung jarak lubang pen piston ke atap piston Jupi lebih panjang dari piston standard Honda Blade/Absolute Revo, maka atap piston bisa dijenong setinggi 0,8mm, dan atap piston dibuatkan coakan klep agar gerakan klep lebih leluasa saat bekerja di putaran tinggi. Seiring dengan membesarnya kapasitas silinder dan perubahan bentuk atap piston yang membuat rasio kompresi naik, maka bahan bakar yang seharusnya digunakan adalah pertamax. Namun bila anda menginginkan tetap berbahan bakar premium, sebaiknya atap piston dipapas rata saja sebanyak 1mm,supaya mesin anda lebih awet.
Kemudian untuk meningkatkan Efisiensi Volumetriknya, porting intake kita perbesar diameter sitting klepnya menjadi 22mm, sedangkan lorong sampai bibir porting yang menyentuh intake manifold tetap kita biarkan standard, supaya kecepatan gasnya tidak turun. Permukaan dinding porting intake tetap dibiarkan kasar untuk menjaga homogenitas campuran gas segar yang mengalir di dalamnya. Sementara untuk porting exhaustnya, diameter sitting klepnya kita bikin 18mm, lalu semakin ke dalam diameternya dibikin menjadi 20mm, sampai bibir porting exhaust diameternya dibikin 21mm. Permukaan dinding porting exhaust wajib di polish sampai kinclong supaya jelaga bekas pembakaran tidak mudah menempel pada dinding porting exhaust. Sedangkan Noken as kita papas bokongnya sebanyak 1mm, maksimal durasi kita tetapkan di kisaran 250 derajat, intake membuka 20 derajat sebelum TMA dan menutup 50 derajat setelah TMB, dan Ex buka 50 derajat sebelum TMB dan menutup 23 derajat setelah TMA. Tinggi angkatan kedua klep saat Overlap cukup 2mm saja.
Terakhir kita setting/Jetting karburatornya, mengikuti kebutuhan di dalam ruang pembakaran.
Semoga bermanfaat.
Maju terus Otomotif Indonesia
Baca juga
Cara bobok knalpot standar bersuara ramah