Pengguna bebek matic Honda Beat di Indonesia udah buuuuuanyak banget, dan banyak dari mereka (khususnya anak-anak muda) yang belum puas dengan peforma standart dari pabrik, pas banget buat anda-anda yang pengen meningkatkan peforma Honda Beat tunggangan anda sehari hari, saya punya resep kohar Honda Beat murah meriah nih agar akselerasi dan top speed Honda Beat anda jadi lebih hot dari standartnya. Tidak perlu menimbang bibit bebet dan bobotnya, saya jamin aman banget buat harian dan masih irit BBM.
Seperti biasa langsung saja kita bor up silindernya dengan membenamkan piston andalan kita, piston Jupiter os 2.00 (53mm) merk NPP, sehingga volume silinder menjadi 121,2 cc, praktis dan irit biaya, soalnya gak perlu mengganti liner/boring, tinggal bawa blok+piston ke tukang bubut minta dikorter dan dibuatin coakan klep. Selagi menunggu pengerjaan di tukang bubut, headnya gak mungkinkan kita biarin standart, soalnya inti dari peforma mesin 4 tak kan di headnya. Pertama lubang porting kita garap supaya pasokan gas bakar yang masuk ke dalam silinder menjadi lebih banyak dan proses pembuangan menjadi lebih baik, klepnya tetep pake standartnya aja, ini keuntungan beli motor Honda Beat kalau mau di bor up, soalnya dari pabrik udah dibekali klep yang diameternya lumayan gede dibanding motor-motor lain di kelasnya (25,5-21mm), sehingga diameter dan desain lubang porting bisa dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan di dalam silinder. Masih dengan desain seperti biasa untuk lubang porting intake dibikin mengerucut ke atas, mulai dari seating klep (23mm) semakin ke atas mendekati manifold diameternya dibikin semakin mengecil (21mm). Untuk lubang exhaust diameternya dibikin 21mm sampai leher knalpot.
Selanjutnya noken as yang bakal jadi sasaran modifikasi kita dengan menggerinda base circle/bokongnya kita mainkan durasinya berkisar di angka 250 derajat, LSA berkisar di angka 105 derajat, tinggi lifter 7 mm aja, kalau terlampau tinggi, takutnya per klep bisa patah, per klep kita pakai punya Honda Grand untuk mencegah terjadinya floating, karena per klep Honda Grand lebih keras dan spiralnya dobel.
Demikianlah sedikit ulasan sederhana mengenai korek harian Honda Beat non injection murah meriah dari saya, semoga informasi ini bermanfaat.
Maju terus otomotif Indonesia.