KULON POM SPEED

Blog tentang korek mesin motor harian

Home » Korek Harian » Korek Harian Satria FU Bore up Piston Honda Tiger

Korek Harian Satria FU Bore up Piston Honda Tiger

Unknown
4 Comments
Monday, September 14, 2015
        Berikut ini akan saya paparkan cara meningkatkan performa Satria FU 150 untuk harian. Bore up Satria FU 165cc.
Metode bore up kali ini menggunakan piston Honda Tiger oversize 200 (65,5mm).
Berkat perkawinan diameter piston Tiger os 200 dengan stroke std Satria FU sepanjang 48,8 mm maka akan menggelembungkan volume silinder menjadi 164,3 cc (dibulatkan menjadi 165cc).
        Langkah pertama adalah berkunjung ke toko sparepart motor untuk membeli piston Tiger os 200, kalo di kampung saya merk NP* seharga 150an ribu. Setelah mesin kita bongkar akan kita ketahui bahwa ternyata pen piston std Satria FU lebih besar 1mm dari pen piston Honda Tiger. Ini akan membuat kita mengeluarkan dana lebih (25ribu kalo di kampung saya) untuk membuatkan "bos pen piston", agar piston Tiger bisa mantap nangkring di conrod Satria FU. Bahan untuk membuat bos pen piston dari pen piston std Satria FU. Selain itu kita juga wajib mengganti boring/liner silinder std dengan liner silinder Honda Tiger, soalnya boring/liner Satria FU gak bisa dikolter. Katanya sih karena boring/liner Satria FU berjenis Diasil Cylinder (berbahan campuran Aluminium dan Silicon) bukan baja seperti pada umumnya boring/liner konvensional. Diameter lubang crankcase std masih terlalu muat untuk ditanami boring/liner Honda Tiger (gak perlu diperbesar). Atap piston gak perlu dipapas, cukup dibuatin 4 buah coakan klep sesuai posisi coakan klep di piston std Satria FU


 

















Untuk meningkatkan Efisiensi Volumetriknya, porting intake kita perbesar diameternya menjadi 28mm setelah pertemuan ke kedua lorong. sedangkan porting exhaust kita perbesar masing-masing lorong sebanyak 1mm dan menggeser bibir porting ke atas sebanyak 4mm.
Porting Intake Satria FU






Porting Exhaust Satria FU







































Kemudian noken as kita babat bokongnya sebanyak 1mm dengan durasi kita tetapkan dikisaran 250 derajat. LSA dikisaran 102 derajat.
Perkara Shimner kita bisa bikin sendiri dari bahan baut baja sesuai ketebalan yang dibutuhkan.


















Pengabut bahan bakar alias Karburator kita ganti dengan tipe PWK yang berventuri sebesar 26 mm.
Ukuran Karburatornya jangan lebih besar dari 26 mm, soalnya kalo kebesaran, puncak tenaga akan bergeser ke putaran yang terlalu tinggi dan nafas motor jadi terlalu panjang.



















Leher knalpot standarnya kita ganti dengan leher knalpot yang mempunyai diameter dalam sebesar 28mm pada kepala leher yang menghubung ke head, kemudian semakin membesar menjadi 30mm dan terus membesar sampai ujung yang menghubung ke silencer diameternya dibikin menjadi 45mm . Leher knalpot yang lebih besar akan membuat proses pembuangan gas hasil pembakaran menjadi lebih baik, namun bukan berarti semakin besar semakin bagus, soalnya yang besar belum tentu enak....hehehe.



















Setelah ruang bakar menghasilkan tenaga yang lebih besar dari standardnya, maka bagian kopling yang berguna untuk menyalurkan atau memutus tenaga ke roda belakang juga wajib di-upgrade kemampuannya, agar penyaluran tenaga lebih maksimal. Bagian ini cukup kita ganti per kopling standarnya dengan per kopling racing. terserah mau pake merk apa..hehe yang penting responsif..




















Supaya mesin lebih awet dipake harian, CDI standardnya yang dibekali limiter sebaiknya jangan diganti dengan CDI unlimiter. Bijaksanalah menjaga RPM, karena semakin tinggi RPM maka semakin besar resiko keausan komponen-komponen di dalam mesin..
Demikianlah racikan sederhana untuk meningkatkan performa Suzuki Satria FU yang bisa saya bagikan...

Semoga bermanfaat

Maju terus Otomotif Indonesia

Baca juga Cara bobok knalpot standar bersuara ramah
Tweet


4 Responses to "Korek Harian Satria FU Bore up Piston Honda Tiger "

  1. UnknownApril 30, 2019 at 8:10 PM

    Itu kalo di ganti seker tiger cuma ganti liner nya doang bang

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  2. UnknownJuly 7, 2019 at 9:47 PM

    Ring piston diameter 65 yg sama dengan fu ring piston apa ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  3. UnknownJune 11, 2020 at 11:26 AM

    Itu pakai boring luar,dalam,panjang ukuran brpa bang

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  4. AnonymousMarch 31, 2022 at 5:16 PM

    How to Make Money from Betting on Sports Betting - Work
    (don't worry if you get it wrong, though) The process involves placing bets https://jancasino.com/review/merit-casino/ on งานออนไลน์ different events, but it can also be https://deccasino.com/review/merit-casino/ done https://febcasino.com/review/merit-casino/ by using the

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

← Newer Post Older Post → Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)