Buat anda yang pengen upgrade performa Honda Tiger-nya tanpa Bore up maupun Stroke up, silahkan menyimak langkah-langkah atau cara meningkatkan performa Honda Tiger yang saya uraikan berikut.
Prosesi sakral ini akan kita awali dengan mengorek porting headnya, dimulai dengan memperbesar diameter sitting klep intake menjadi 28mm, area belakang sitting klep sebesar 27mm, kemudian kiri kanan bos klep digerus lebih dalam agar aliran gas segar tidak tercekik disitu, lorong sampai bibir porting intake sebesar 26mm-26,5mm, permukaan dinding porting intake tetap dibiarkan kasar, untuk menjaga homogenitas campuran gas segar, sehingga campuran tersebut akan lebih mudah terbakar di dalam ruang bakar.
|
Bagian yang ditunjuk tanda panah jangan dikikis
supaya sudut lekukan lebih landai
cukup dibersihkan saja kotoran yang menempel |
Sedangkan porting exhaust, diameter siting klepnya diperbesar menjadi 24mm, semakin ke dalam di bagian kiri-kanan bos klep kita gerus lebih dalam dengan diameter 25-26mm dan terus membesar sampai dibagian bibir porting exhaust yang kita patok diameternya menjadi 27mm. Permukaan lorong exhaust wajib di poles sampai kinclong, supaya jelaga bekas pembakaran tidak mudah menempel.
|
Honda Tiger Exhaust Porting Polish |
Selanjutnya adalah memapas bokong noken as Honda Tiger anda sebanyak 0.8mm-1mm dengan durasi maksimal dikisaran 240 derajat supaya tetap irit BBM dan LSA dikisaran 102 derajat. Rumus menghitung durasi Noken as ada
di sini
o..ya klepnya boleh di bubut payungnya supaya area bukaan klep menjadi lebih luas, tapi jangan banyak-banyak, cukup 0,5mm sampai 0,7mm.
|
Back cut valve,
tekhnik membubut punggung payung klep |
Seiring meningkatnya hentakan tenaga yang dihasilkan dari ruang pembakaran, maka semestinya
bagian yang menyalurkan tenaga menuju roda belakang juga wajib diberi sentuhan, dan bagian itu tidak lain adalah perangkat koplingnya, dengan biaya yang murah meriah kita bisa mengganjal per koplingnya dengan ring setebal 1,5-2mm atau kalo mau lebih joss kita bisa melepas judder springnya dan menggantinya dengan kampas kopling Honda Grand.
|
Lepas Judder spring dan diganti kampas kopling Honda Grand |
Terakhir kita setting/jetting ulang karburatornya untuk menyesuaikan kebutuhan di dalam ruang bakar. Jangan lupa filter udaranya dilepas. Dengan langkah-langkah korekan seperti ini se
tidaknya jarum spedometer Honda Tiger anda sudah bisa nangkring di angka 140 kpj...hehe
Semoga informasi sederhana ini bisa bermanfaat.
Maju terus Otomotif Indonesia.