Monday, July 1, 2013

Korek harian Jupiter Z/Vega R New murah meriah

          Buat anda pemakai motor bebek Yamaha Jupiter Z atau Vega R New yang suka tarik gas dalam-dalam saat berangkat sekolah maupun kerja atau hanya sekedar wira-wiri di jalan dengan kecepatan tinggi pasti rasanya kurang adrenalin kalau cuma memakai motor dengan performa bawaan dari pabrik, karena memang spesifikasi mesin dari pabrik bukan untuk ajang kebut-kebutan dan sejenisnya, melainkan hanya untuk keliling jualan sayur atau ngangkut emak pergi ke pasar hahahhaa.
         Maka dari itu saya akan membagikan sedikit resep untuk meningkatkan performa mesin motor anda Yamaha Jupiter Z/Vega R New, mulai dari menambah kapasitas ruang bakar, modifikasi Noken as, Porting in-ex, dan modifikasi perangkat kopling.

BORE UP 120 CC
       Langkah untuk menambah kapasitas ruang bakar, tanpa harus mengganti liner/boring kita bisa mem-bore up blok boring dan membenamkan piston Jupiter Z over size 200 (53mm), saya rasa kalau cuma untuk harian tidaklah harus menggunakan piston besar-besar. Dengan mengganti piston standart dengan piston Jupiter Z over size 200 (53mm) maka kita sudah mendapat volume 120 cc di dalam ruang bakar kita.
Jika anda ingin meningkatkan tekanan udara di dalam ruang bakar (kompresi) anda bisa memapas blok boring sebanyak 1,5mm kemudian membuat jenong pistonnya 1,5mm jg, jangan lupa membuat coakan klep pada atap piston agar tidak terjadi tabrak lari antara piston dan klep,,,,hahahaha.

MODIFIKASI NOKEN AS
       Untuk yang satu ini memang bukan perkara mudah, maka saya sarankan anda untuk mengerti dulu mengenai prinsip-prinsip dan cara kerja noken as sebelum anda menyalakan mesin papas noken yang akan anda gunakan untuk memodifikasi noken as, karena sedikit kesalahan saja bisa mengurangi performa mesin motor anda.
        Baiklah saya anggap anda sudah mengerti mengenai seluk beluk noken as, sekarang anda bisa memapas bokong noken as std bawaan pabrik sebanyak 1mm (sesuai kebutuhan) untuk merubah tinggi lift dan merubah durasi.
       Untuk spesifikasi mesin korek harian agar tetap irit BBM anda tidak perlu menggunakan durasi tinggi. Durasi yang sesuai untuk mesin Jupi/Vega korek harian berkisar 250 derajat, LSA 110 derajat dan masih mengadopsi bentuk lift bawaan pabrik.
       Lebih praktisnya anda juga bisa langsung membeli noken as jadi, alias racing yang banyak dijual di pasaran, hehehe,, tapi mahal juga sih...!!!!!

Porting IN-EX
        Meningkatkan performa mesin dengan cara merubah lubang intake dan lubang exhaust ini wajib dilakukan untuk melancarkan suplai gas bakar yang akan masuk ke dalam ruang bakar dan membuang sisa pembakaran ke knalpot agar lebih maksimal.
        Anda bisa menggunakan bor tuner untuk memodifikasi bagian ini, dengan cara memperlebar diameter sitting lubang intake 1 mm. dinding lubang intake tetap kita biarkan kasar seperti kulit jeruk, agar butiran-butiran bahan bakar menjadi kecil-kecil, sehingga oplosan udara dan bahan bakar akan lebih sempurna. Untuk lubang exhaust anda bisa memperbesar diameter sittingnya 1 mm juga, pada bagian paling ujung yg dekat dengan leher knalpot tidak perlu diperbesar, cukup merubah bentuk lubangnya sehingga menjadi lingkaran sempurna dan dinding lorongnya dihaluskan agar sisa-sisa pembakaran langsung terbuang ke knalpot (tidak menempel pada dinding lubang porting exhaust). Area sekitar boshing klep juga harus dirapikan, karena di bagian ini lorong porting menyempit dan menghambat aliran udara.

Modifikasi Perangkat Kopling
        Kini saatnya bermain diseputar blok kopling dengan mengganti per kopling standart Jupi/Vega anda dengan per kopling Yamaha RX king, langkah ini dilakukan agar perangkat kopling lebih responsif dan mencegah terjadinya slip kopling.


       Nah itu sedikit ulasan mengenai cara korek harian murah meriah motor Jupi/Vega anda,,,,sebelum saya pamit, saya mohon maaf bila tulisan saya ini berantakan,,,maklum lah blogger kemaren sore hehehe...

Maju terus Otomotif Indonesia.

Post a Comment